Gejala Alergi Setelah Mengkonsumsi Nanas

gejala alergi nanas
Nanas merupakan salah satu buah tropis yang sangat eksotis dan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang luar biasa. Tak heran buah yang satu ini menjadi favorit banyak orang. Namun, dibalik kelezatannya yang menggoda, beberapa orang ternyata memiliki sedikit masalah dengan alergi ketika mengkonsumsi buah yang satu ini. Tanda-tanda yang umum terjadi pada alergi nanas adalah timbulnya ruam, kulit gatal dan diare. Alergi terhadap buah nanas tidak hanya terpacu bila dikonsumsi saja, namun pada beberapa kasus si penderita akan mengalami alergi juga hanya dengan bersentuhan dengan buah nanas. Jika seseorang alergi terhadap buah kiwi atau pepaya, maka besar kemungkinan mereka juga alergi terhadap buah nanas.

Gejala yang Umum Terjadi 

Pada banyak kasus, gejala alergi buah nanas akan langsung nampak segera setelah dikonsumsi atau tersentuh. Namun, ada sebagian kasus yang baru timbul setelah lewat empat hari. Berikut ini beberapa gejala alergi buah nanas yang mesti Anda ketahui :


  1. Ruam kulit --- Gejala ruam kulit merupakan pertanda paling umum ketika seseorang mengalami alergi buah nanas. Ruam tersebut biasanya disertai dengan rasa gatal dan terkadang disertai dengan pembengkakan yang berlangsung selama beberapa hari.
  2. Diare --- Diare merupakan cara alami yang dilakukan oleh tubuh untuk menyingkirkan racun yang terkandung dalam makanan. Pada beberapa kasus diare yang parah mampu menyebabkan dehidrasi pada penderita alergi.
  3. Sembelit --- Berkebalikan dengan diare, terkadang alergi nanas juga bisa mengakibatkan susah buang air besar atau sembelit.
  4. Masalah Pernapasan --- Alergi nanas dapat menyebabkan pembengkakan pada wajah dan tenggorokan seseorang. Pembengkakan ini menyebabkan seseorang kesulitan dalam bernapas dan memerlukan perhatian medis sesegera mungkin.
  5. Anafilaksis --- Sebuah reaksi alergi parah yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan pembengkakan ekstrem di wajah, tenggorokan dan telinga. Pada beberapa kasus bahkan dapat menyebabkan shock dan kematian pasien.
  6. Kram --- Sering kali kram perut sering terlihat pada orang dengan alergi nanas.

Gejala lain termasuk pusing dan tekanan darah rendah bisa juga menyertai alergi nanas. Anda harus waspada ketika Anda memberikan nanas kepada anak Anda untuk pertama kalinya.

Jika Anda menyadari bahwa nanas menyebabkan reaksi alergi pada tubuh Anda, maka Anda harus menghindari makan nanas dalam segala bentuk. Anda harus hati-hati membaca semua bahan dalam makanan olahan dan siap pakai. Sebisa mungkin berkonsultasi dengan dokter tentang alergi Anda dan bagaimana cara menghindari serta mengobatinya.